GAMBARAN WAKTU TUNGGU PADA PELAYANAN RAWAT JALAN DAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN PESERTA BPJS DI RSU PRASETYA BUNDA TASIKMALAYA

Anjani, Santi Puspa (2023) GAMBARAN WAKTU TUNGGU PADA PELAYANAN RAWAT JALAN DAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN PESERTA BPJS DI RSU PRASETYA BUNDA TASIKMALAYA. Diploma thesis, POLITEKNIK KESEHATAN TASIKMALAYA.

[img] Text (Halaman Pernyataan Orisinalitas)
1. HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf

Download (139kB)
[img] Text (Halaman Pengesahan)
2. HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (136kB)
[img] Text (Lembar Persetujuan Publikasi Karya Ilmiah)
3. LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf

Download (216kB)
[img] Text (Halaman Judul)
4. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB I)
5. BAB I.pdf

Download (159kB)
[img] Text (BAB II)
5. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (318kB)
[img] Text (BAB III)
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (217kB)
[img] Text (BAB IV)
5. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (257kB)
[img] Text (BAB V)
5. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
6. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB)
[img] Text (Lampiran)
7. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Latar Belakang : Waktu tunggu layanan merupakan waktu yang dipakai seseorang untuk menerima layanan kesehatan dari mulai registrasi hingga memasuki ruang periksa dokter. Ketersediaan layanan yang dikenali dengan waktu tunggu pasien yang singkat salah satu ciri bagian dari kualitas layanan kesehatan, mutu layanan kesehatan mengacu pada dimensi mutu layanan kesehatan yang pada gilirannya menghasilkan kepuasan pasien. Metode Penelitian : Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dengan teknik sampling yang digunakan yaitu Sampling Insidental. Jumlah populasi sebanyak 30.075 dan jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden dihitung menggunakan rumus slovin. Hasil Penelitian : Hasil penelitian waktu tunggu pada pelayanan rawat jalan sebanyak 86 responden (86%) sudah sesuai standar dan sebanyak 14 responden (14%) tidak sesuai dengan standar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan pasien dari 100 responden pada pelayanan di tempat pendaftaran rawat jalan secara umum semua dimensi pelayanan termasuk pada kategori puas, dengan presentase pasien yang merasa puas sebanyak 84 responden (84%) dan pasien yang merasa tidak puas sebanyak 16 responden (16%). Kesimpulan : Waktu tunggu pada pelayanan rawat jalan lebih banyak yang sudah sesuai standar, dan untuk kepuasan pasien peserta BPJS pada pelayanan rawat jalan secara umum pasien sudah merasa puas. Saran : Standar pelayanan di Rumah Sakit Umum Prasetya Bunda harus sesuai dengan standar pelayanan minimal yaitu berdasarkan Kemenkes No. 129/Menkes/SK/II/2008. Pelayanan waktu tunggu dan pelayanan pasien lebih ditingkatkan lagi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Waktu Tunggu, Kepuasan Pasien, Rawat Jalan
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Jurusan RMIK > D3 Rekam Medis & Informasi Kesehatan
Depositing User: SANTI PUSPA ANJANI S.
Date Deposited: 11 Sep 2023 07:14
Last Modified: 02 Dec 2024 03:50
URI: http://repo.poltekkestasikmalaya.ac.id/id/eprint/2687

Actions (login required)

View Item View Item