Erna Rosanti, Erna (2023) PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN PEMERIKSAAN PAYUDARA SENDIRI (SADARI) PADA REMAJA PUTRI KELAS XI DI SMAN 1 TASIKMALAYA. Diploma thesis, POLITEKNIK KESEHATAN TASIKMALAYA.
Text (HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS)
LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN PENELITIAN.pdf Download (156kB) |
|
Text (HALAMAN PENGESAHAN)
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (72kB) |
|
Text (LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI)
SURAT PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Download (142kB) |
|
Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf Download (337kB) |
|
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf Download (125kB) |
|
Text (BAB 2)
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (269kB) |
|
Text (BAB 3)
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (33kB) |
|
Text (BAB 4)
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (234kB) |
|
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (198kB) |
|
Text (BAB 6)
BAB 6.pdf Restricted to Repository staff only Download (97kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (169kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Latar belakang: Masa remaja berlangsung dari umur 10-19 tahun yang telah mengalami pembentukan hormone pubertas sehingga memiliki peningkatan risiko terkena kanker payudara. Kanker payudara dapat dideteksi dengan pemeriksaan payudara sendiri. SADARI sangat mudah dilakukan, namun masih banyak remaja yang tidak mengetahui caranya, untuk meningkatkan pengetahuan remaja yaitu dengan diberikan pendidikan kesehatan. Tujuan: Diketahuinya pengaruh pendidikan kesehatan menggunakan media video animasi terhadap pengetahuan dan keterampilan SADARI pada remaja putri. Metode: Quasy Eksperimental dengan pretest-posttest with control design. Instrument yang digunakan adalah lembar kuisioner dan lembar observasi. Pengambilan sampel menggunakan proportional stratified sampling, terdiri dari 19 responden untuk kelompok intervensi dan kontrol. Uji statistik menggunakan dependent t-test dan independent t-test. Hasil: Terdapat perbedaan yang signifikan rerata skor pengetahuan dan keterampilan sebelum edukasi pada kelompok intervensi 57.85 dan 47.31 menjadi 79.73 dan 73.82 (p-value 0,000), sedangkan untuk kelompok kontrol sebelum edukasi 47.31 dan 19.17 menjadi 62.31 dan 66.95 (p-value 0.000). Terdapat perbedaan yang signifikan rerata skor sesudah edukasi antara kedua kelompok dengan p-value 0.000 untuk pengetahuan dan p-value 0.003 untuk keterampilan. Kesimpulan: Penelitian ini menunjukan bahwa pendidikan kesehatan menggunakan media video animasi mampu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan sadari pada remaja putri. Kata Kunci: Media Video Animasi, Pendidikan Kesehatan, SADARI
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Video Animasi, Pendidikan Kesehatan, SADARI |
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Depositing User: | Erna Rosanti |
Date Deposited: | 06 Jul 2023 04:03 |
Last Modified: | 06 Jul 2023 04:03 |
URI: | http://repo.poltekkestasikmalaya.ac.id/id/eprint/2247 |
Actions (login required)
View Item |