HUBUNGAN ANTARA KOMUNIKASI VERBAL DAN NON VERBAL PETUGAS PELAYANAN PENDAFTARAN RAWAT JALAN DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RSUD dr.SOEKARDJO TASIKMALAYA

Zahra, Nur'afia Az (2023) HUBUNGAN ANTARA KOMUNIKASI VERBAL DAN NON VERBAL PETUGAS PELAYANAN PENDAFTARAN RAWAT JALAN DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RSUD dr.SOEKARDJO TASIKMALAYA. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya.

[img] Text
Halaman Pernyataan Orisinilitas.pdf

Download (114kB)
[img] Text
Halaman Pengesahan KTI.pdf

Download (115kB)
[img] Text
Halaman Persetujuan Publikasi.pdf

Download (164kB)
[img] Text
Halaman Judul.pdf

Download (415kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (163kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (315kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (315kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (278kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (82kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (202kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Latar Belakang: Mutu layanan kesehatan ialah layanan yang diberikan bisa memberi rasa puas kepada pasien. Proses pemberian pelayanan mempengaruhi mutu di rumah sakit. Kepedulian terhadap pelanggan merupakan upaya dalam meningkatkan mutu, dengan melihat bagaimana pasien diperlakukan saat mendapatkan pelayanan. Kepuasan pasien merupakan perasaan yang timbul setelah membandingkan harapan dan kenyataan yang diterima. Studi pendahuluan menunjukan 4 dari 5 pasien menyatakan tidak puas terhadap komunikasi verbal dan non verbal petugas pelayanan pendaftaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara komunikasi verbal dan non verbal petugas pelayanan pendaftaran rawat jalan dengan kepuasan pasien di RSUD dr.Soekardjo Tasikmalaya. Metodologi Penelitian: Kuantitatif dengan desain cross-sectional, teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling, dengan analisa univariat dan bivariat menggunakan uji statistik chi-square. Populasi pasien rawat jalan dengan total sampel 100 orang. Hasil Penelitian: Komunikasi verbal 72% baik, komunikasi non verbal 72% baik, dan kepuasan pasien 75% puas, serta diperoleh nilai p-value 0,001<0,05 yang artinya terdapat hubungan antara komunikasi verbal dan non verbal petugas pendaftaran rawat jalan dengan kepuasan pasien. Kesimpulan: Secara garis besar komunikasi verbal dan non verbal petugas TPPRJ baik, dan pasien merasa puas, serta terdapat hubungan antara komunikasi verbal dan non verbal petugas pelayanan pendaftaran dengan kepuasan pasien. Kata Kunci: Kepuasan, Komunikasi Verbal, Komunikasi Non Verbal Daftar Pustaka: 45 (2008-2022)

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan, Komunikasi Verbal, Komunikasi Non Verbal
Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
Divisions: Jurusan RMIK > D3 Rekam Medis & Informasi Kesehatan
Depositing User: NUR'AFIA AZ ZAHRA
Date Deposited: 11 Sep 2023 08:23
Last Modified: 12 Sep 2023 02:16
URI: http://repo.poltekkestasikmalaya.ac.id/id/eprint/2691

Actions (login required)

View Item View Item