RANCANGAN MODUL PELATIHAN SERVICE EXCELLENCE UNTUK BIDAN DI RSUD dr. SLAMET GARUT

Hilma Nuraeni, HN (2025) RANCANGAN MODUL PELATIHAN SERVICE EXCELLENCE UNTUK BIDAN DI RSUD dr. SLAMET GARUT. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya.

[img] Text
1. Halaman Pernyataan Orisinalitas.pdf

Download (212kB)
[img] Text
2. Halaman Pengesahan.pdf

Download (352kB)
[img] Text
3. Lembar Persetujuan Publikasi Karya Ilmiah.pdf

Download (403kB)
[img] Text
4. Halaman Judul.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5. BAB 1.pdf

Download (405kB)
[img] Text
5. BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (441kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (623kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (770kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (381kB) | Request a copy
[img] Text
6. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (290kB) | Request a copy
[img] Text
7. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang: Angka Kematian Ibu (AKI) di Indonesia masih tinggi, yaitu 189 per 100.000 kelahiran hidup, sedangkan Angka Kematian Bayi (AKB) mencapai 24 per 1.000 kelahiran hidup (BPS, 2024). Salah satu faktor yang mempengaruhi adalah kualitas pelayanan kebidanan, khususnya aspek sikap dan komunikasi bidan. Studi pendahuluan di RSUD dr. Slamet Garut menunjukkan 60% ibu merasa takut saat menerima pelayanan karena sikap bidan kurang ramah dan komunikasi tidak efektif. Kondisi ini menandakan prinsip Service Excellence belum optimal, sehingga diperlukan pengembangan modul pelatihan untuk meningkatkan mutu pelayanan kebidanan. Tujuan penelitian: Mengembangkan modul pelatihan Service Excellence untuk bidan di RSUD dr. Slamet Garut melalui tahapan analisis kebutuhan, perancangan, validasi, uji coba, dan revisi. Metode penelitian: Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Validasi dilakukan oleh ahli materi dan ahli media, kemudian dilanjutkan uji coba skala terbatas pada enam bidan. Hasil: Modul divalidasi oleh ahli materi dengan persentase kelayakan 90% dan ahli media 87%, keduanya termasuk kategori sangat layak. Uji coba skala terbatas menunjukkan skor rata-rata 38–40 dari 50 (kategori layak), sehingga modul dinilai dapat digunakan tanpa revisi substansial. Kesimpulan: Modul pelatihan Service Excellence dinyatakan sangat layak. Produk ini diharapkan mampu meningkatkan kompetensi bidan dalam memberikan pelayanan, dalam mendukung penurunan AKI dan AKB.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
AuthorUNSPECIFIEDUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Service Excellence, Bidan, Modul Pelatihan
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Jurusan Kebidanan > D4 Kebidanan
Depositing User: M D4 HILMA NURAENI
Date Deposited: 15 Dec 2025 06:42
Last Modified: 15 Dec 2025 06:42
URI: http://repo.poltekkestasikmalaya.ac.id/id/eprint/7864

Actions (login required)

View Item View Item