GAMBARAN PELAKSANAAN TERAPI KOGNITIF TEKA- TEKI SILANG PADA NY.R DAN NY.S DENGAN DEMENSIA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS TALUN KABUPATEN CIREBON

Saripudin, Syifa Nur Alifah (2025) GAMBARAN PELAKSANAAN TERAPI KOGNITIF TEKA- TEKI SILANG PADA NY.R DAN NY.S DENGAN DEMENSIA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS TALUN KABUPATEN CIREBON. Diploma thesis, POLITEKNIK KESEHATAN TASIKMALAYA.

[img] Text (PERNYATAAN ORSINALITAS)
PERNYATAAN ORSINALITAS.pdf

Download (189kB)
[img] Text (LEMBAR PENGESAHAN)
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (206kB)
[img] Text (PERSETUJUAN PUBLIKASI)
PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (184kB)
[img] Text (JUDUL)
JUDUL.pdf

Download (825kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (155kB)
[img] Text (BAB II TINJAUAN PUSTAKA)
BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (268kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODE PENELITIAN)
BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (238kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (165kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V KESIMPULAN DAN SARAN)
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (182kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Latar Belakang: Demensia merupakan gangguan penurunan fungsi kognitif yang sering terjadi pada lanjut usia dan berdampak pada kualitas hidup lansia, terutama dalam hal daya ingat dan kemandirian. Salah satu pendekatan nonfarmakologis yang dapat digunakan untuk melatih daya ingat adalah terapi kognitif melalui media teka-teki silang, yang merangsang otak untuk berpikir, mengingat, dan berkonsentrasi. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pelaksanaan terapi kognitif teka-teki silang, respon klien terhadap terapi, hasil yang diperoleh, serta kesenjangan yang terjadi pada dua lansia dengan demensia ringan di wilayah kerja Puskesmas Talun, Kabupaten Cirebon. Metode: Penelitian menggunakan desain deskriptif komparatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek terdiri dari dua lansia (Ny. R dan Ny. S) yang mengalami demensia ringan. Terapi diberikan selama lima hari berturut-turut dengan durasi 15–20 menit per sesi. Evaluasi dilakukan menggunakan instrumen SPMSQ (Short Portable Mental Status Questionnaire). Hasil: Respon dan hasil dari pelaksanaan terapi kognitif teka-teki silang pada Ny. R menunjukkan bahwa pada hari ke-1 hingga hari ke-3 belum terjadi penurunan skor kesalahan pada SPMSQ, dengan kategori kerusakan intelektual ringan. Namun, pada hari ke-4 dan ke-5 terjadi penurunan skor kesalahan, menandakan adanya perbaikan fungsi kognitif. Sementara itu, pada Ny. S, penurunan skor kesalahan SPMSQ yang menunjukkan perbaikan baru terlihat pada hari ke-5, dengan kondisi awal yang juga tergolong kerusakan intelektual ringan. Kesimpulan: Terapi kognitif teka-teki silang dapat meningkatkan daya ingat lansia dengan demensia ringan jika dilakukan secara konsisten dan terstruktur. Saran: Diharapkan klien melanjutkan terapi secara mandiri di rumah dengan bimbingan keluarga. Keluarga diharapkan aktif mendampingi dan memberikan motivasi selama proses terapi untuk hasil yang optimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
UNSPECIFIEDYahya, Syarif Zen196412121988031005UNSPECIFIED
UNSPECIFIEDRochayati, Ati Siti196207181985032001UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Lansia, Demensia, Terapi Kognitif, Teka-Teki Silang, KTIKEP2025, KTIKEPCRB, KTICRB
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RT Nursing
Divisions: Jurusan Keperawatan > D3 Keperawatan
Depositing User: CRBP Syifa Nur Alifah Saripudin
Date Deposited: 14 Sep 2025 13:08
Last Modified: 14 Sep 2025 13:08
URI: http://repo.poltekkestasikmalaya.ac.id/id/eprint/7662

Actions (login required)

View Item View Item