HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN PENDAFTARAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT SUMBER KASIH CIREBON TAHUN 2022

Ardiyanto, Aziz (2022) HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN PENDAFTARAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT SUMBER KASIH CIREBON TAHUN 2022. Diploma thesis, POLITEKNIK KESEHATAN TASIKMALAYA.

[img] Text (HALAMAN ORSINALITAS)
1. Halaman Pernyataan Orisinalitas Aziz Ardiyanto.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img] Text (HALAMAN PENGESAHAN)
2. Halaman Pengesahan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB)
[img] Text (HALAMAN PUBLIKASI)
3. HALAMAN PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img] Text (HALAMAN JUDUL)
4. Halaman Judul.pdf

Download (403kB)
[img] Text (BAB I)
5. BAB I.pdf

Download (328kB)
[img] Text (BAB II)
5. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (380kB)
[img] Text (BAB III)
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (493kB)
[img] Text (BAB IV)
5. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (466kB)
[img] Text (BAB V)
5. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (293kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
6. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
7. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang: Dengan mengetahui tingkat kepuasan pasien rumah sakit dapat meningkatkan kualitas pelayanan, dimensi kualitas pelayanan berdasarkan Lima aspek komponen menurut Tjiptono dan Chandra, meliputi, Responsiveness (cepat tanggap), Reliability (kehandalan), Assurance (jaminan), Empathy (empati), Tangible (bukti nyata). Keluhan pasien atau keluarganya merupakan salah satu indikator kualitas yang berkaitan dengan kepuasan pasien. kepuasan pelanggan dapat dibentuk melalui tiga hal yaitu kepuasan pelayanan secara keseluruhan (overall satisfaction), tingkat kepuasan terhadap pelayanan apabila di bandingkan dengan jasa sejenis (expectation), kepuasan pelanggan selama menjalin hubungan dengan perusahaan (experience). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara kualitas pelayanan pendaftaran terhadap kepuasan pasien rawat jalan RS Sumber Kasih. Metode Penelitian: jenis penelitian kuantitatif yaitu penelitian yang bertujuan untuk melihat hubungan antara variabel dengan pendekatan cross sectional. Jumlah sampel 100 orang dengan teknik purposive sampling dan uji statistik chi-square. Hasil Penelitian: Hasil penilaian kualitas pelayanan pendaftaran yaitu 76 responden (76%) baik. Hasil penilaian kepuasan pasien yaitu 80 responden atau sebesar (80%) puas. Hasil analisis data dengan Uji Chi-Square diperoleh p-value 0,000 yang berarti bahwa P-Value = 0,000 ≤ 0,005. didapatkan bahwa ada hubungan kualitas pelayanan pendaftaran terhadap kepuasan pasien rawat jalan di RS Sumber Kasih Cirebon. Simpulan: Rumah sakit harus mempertahankan dan meningkatkan kualitas pelayanan di pendaftaran rawat jalan agar pasien merasa puas atas pelayanan dan fasilitas yang di berikan. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan Pendaftaran, Kepuasan Pasien, Rawat Jalan Daftara Pustaka: 18 (2004 – 2020)

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan Pendaftaran Kepuasan Pasien Rawat Jalan KTIRMIK2022
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions: Jurusan RMIK > D3 Rekam Medis & Informasi Kesehatan
Depositing User: Aziz Ardiyanto
Date Deposited: 05 Aug 2022 03:55
Last Modified: 05 Aug 2022 03:55
URI: http://repo.poltekkestasikmalaya.ac.id/id/eprint/735

Actions (login required)

View Item View Item