EVALUASI PENGGUNAAN APLIKASI MOBILE JKN MENGGUNAKAN METODE EUCS DI PUSKESMAS WATUBELAH KABUPATEN CIREBON

NURAPRIANI, SHINTA (2025) EVALUASI PENGGUNAAN APLIKASI MOBILE JKN MENGGUNAKAN METODE EUCS DI PUSKESMAS WATUBELAH KABUPATEN CIREBON. Diploma thesis, POLITEKNIK KESEHATAN TASIKMALAYA.

[img] Text (PERNYATAAN ORISINALITAS)
Pernyataan Orisinalitas .pdf

Download (167kB)
[img] Text (LEMBAR PENGESAHAN)
Halaman Pengesahan.pdf

Download (290kB)
[img] Text (PERSETUJUAN PUBLIKASI)
Pernyataan Publikasi .pdf

Download (230kB)
[img] Text (HALAMAN JUDUL)
JUDUL.pdf

Download (674kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I.pdf

Download (337kB)
[img] Text (BAB II TINJAUAN PUSTAKA)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (603kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODE PENELITIAN)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (516kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (445kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V KESIMPULAN DAN SARAN)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (524kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR LAMPIRAN)
DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Latar Belakang : BPJS Kesehatan meluncurkan Aplikasi Mobile JKN pada tanggal 15 November 2017. Tujuan dari peluncuran aplikasi ini adalah untuk memfasilitasi akses peserta terhadap layanan publik terutama yang berkaitan dengan jaminan kesehatan yang disediakan oleh pemerintah. Namun, penggunaan Mobile JKN masih terdapat beberapa hambatan dalam penggunaanya, seperti dari segi content pada saat login sistem mengindikasikan bahwa nomor tersebut telah digunakan oleh orang lain, meskipun pengguna tersebut belum pernah melakukan registrasi, segi accuracy terdapat kesalahan pengelompokkan data keluarga, dari segi Easy of use untuk menerima kode OTP harus mengeluarkan pulsa untuk menerima kode tersebut, segi timeliness terdapat masalah lamanya mendapatkan kode OTP. Sehingga dalam implementasi Aplikasi Mobile JKN perlu adanya pelaksanaan evaluasi oleh pengguna. Evaluasi pada penelitian ini menggunakan metode EUCS. Metodologi Penelitian : Penelitian menggunakan metode deskriptif analitik dengan rancangan cross sectional. Populasi pengguna Aplikasi Mobile JKN. Pengambilan sampel menggunakan Quota Sampling, jumlah sampel sebanyak 56 orang dengan menggunakan rumus Slovin. Analisis yang digunakan pada penelitian ini yaitu analisis univariat dan bivariat dengan menggunakan uji korelasi pearson atau rank spearman. Hasil Penelitian : Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa seluruh variabel memiliki hubungan korelasi yang sangat kuat terhadap kepuasan pengguna (user satisfaction), dengan p value sebesar 0,000. Secara rinci, variabel content memiliki koefisien korelasi sebesar 0,940, accuracy sebesar 0,933, format sebesar 0,888, ease of use sebesar 0,918, dan timeliness sebesar 0,935. Simpulan : Berdasarkan variabel content, accuracy, format, ease of use, dan timeliness terdapat hubungan yang sangat signifikan terhadap kepuasan pengguna aplikasi Mobile JKN. Background : BPJS Kesehatan launched the JKN Mobile Application on November 15, 2017. The purpose of launching this application is to facilitate participant access to public services, especially those related to health insurance provided by the government. However, the use of Mobile JKN still has several obstacles in its use, such as in terms of content when logging in the system indicates that the number has been used by someone else, even though the user has never registered, in terms of accuracy there is an error in grouping family data, in terms of Ease of use to receive the OTP code must spend credit to receive the code, in terms of timeliness there is a problem of the length of time to get the OTP code. So in the implementation of the JKN Mobile Application, there needs to be an evaluation by the user. The evaluation in this study uses the EUCS method. Methods : The research used descriptive analytical methods with a cross sectional design. Population of JKN Mobile Application users. Sampling used Quota Sampling, the total sample was 56 people using the Slovin formula. The analysis used in this study is univariate and bivariate analysis using the Pearson or Spearman rank correlation test. Research Result : The results of this study indicate that all variables have a very strong correlation relationship with user satisfaction, with a p value of 0.000. In detail, the content variable has a correlation coefficient of 0.940, accuracy of 0.933, format of 0.888, ease of use of 0.918, and timeliness of 0.935. Conclusion: Based on the variables of content, accuracy, format, ease of use, and timeliness, there is a very significant relationship with user satisfaction of the Mobile JKN application.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
UNSPECIFIEDKARMANTO, BAMBANG4021046302bambangkarmanto@gmail.com
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, Mobile JKN, EUCS. ktirmik2025,rmikcrb
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
R Medicine > R Medicine (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Jurusan RMIK > D3 Rekam Medis & Informasi Kesehatan
Depositing User: CRBR SHINTA NURAPRIANI
Date Deposited: 01 Jul 2025 05:38
Last Modified: 02 Jul 2025 02:06
URI: http://repo.poltekkestasikmalaya.ac.id/id/eprint/5961

Actions (login required)

View Item View Item