GAMBARAN PENGETAHUAN DAN SIKAP MASYARAKAT TERKAIT NON-COVER SERVICES PADA BPJS PERPRES NOMOR 59 TAHUN 2024 DI RSUD DR. SOEKARDJO

SINA, HANA NUR (2025) GAMBARAN PENGETAHUAN DAN SIKAP MASYARAKAT TERKAIT NON-COVER SERVICES PADA BPJS PERPRES NOMOR 59 TAHUN 2024 DI RSUD DR. SOEKARDJO. Diploma thesis, POLITEKNIK KESEHATAN TASIKMALAYA.

[img] Text (HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS)
HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf

Download (127kB)
[img] Text (HALAMAN PENGESAHAN)
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (218kB)
[img] Text (LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH)
LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf

Download (199kB)
[img] Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (464kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (205kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (352kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (305kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (294kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (123kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

BPJS Kesehatan menyelenggarakan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) bagi seluruh penduduk Indonesia, namun tidak semua layanan ditanggung. Peraturan Presiden Nomor 59 Tahun 2024 menjelaskan adanya layanan yang tidak dijamin (non-cover services), seperti akibat penyalahgunaan alkohol, tindak pidana, atau prosedur estetika, yang masih kurang dipahami oleh masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pengetahuan dan sikap masyarakat terhadap layanan tidak dijamin BPJS Kesehatan berdasarkan Perpres tersebut di RSUD dr. Soekardjo Tasikmalaya. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain deskriptif dan teknik accidental sampling terhadap 93 responden pasien rawat inap. Data diperoleh melalui kuesioner tertutup yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil menunjukkan sebagian besar responden memiliki tingkat pengetahuan yang baik dan sikap yang cukup positif terhadap kebijakan layanan non-cover, meskipun masih ditemukan responden dengan pemahaman yang kurang. Faktor seperti pendidikan, usia, dan jenis pekerjaan memengaruhi tingkat pengetahuan dan sikap responden. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan pentingnya peningkatan edukasi dan sosialisasi terkait layanan yang tidak ditanggung BPJS Kesehatan, agar masyarakat memahami hak dan batasan dalam program JKN, serta mengurangi potensi ketidakpuasan terhadap pelayanan kesehatan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: BPJS Kesehatan, Batasan pelayanan, Pengetahuan, Sikap
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Jurusan RMIK > D3 Rekam Medis & Informasi Kesehatan
Depositing User: Mhs Hana Nur Sina
Date Deposited: 19 Jun 2025 03:39
Last Modified: 19 Jun 2025 03:39
URI: http://repo.poltekkestasikmalaya.ac.id/id/eprint/5789

Actions (login required)

View Item View Item