APRILIA, DANELLA VINA (2025) PERSEPSI PEREKAM MEDIS TERHADAP PENDING KLAIM DI RSUD CIAMIS TAHUN 2025. Diploma thesis, POLITEKNIK KESEHATAN TASIKMALAYA.
![]() |
Text (Halaman Pernyataan Orisinalitas)
Halaman Pernyataan Orisinilitas.pdf Download (91kB) |
![]() |
Text (Halaman Pengesahan)
Halaman Pengesahan.pdf Download (118kB) |
![]() |
Text (Halaman Persetujuan Publikasi)
Halaman Persetujuan Publikasi Karya Tulis Ilmiah.pdf Download (144kB) |
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (674kB) |
![]() |
Text (Bab 1)
Bab 1.pdf Download (265kB) |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (390kB) |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (441kB) |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (474kB) |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (213kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Repository staff only Download (201kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Latar Belakang: Dalam program JKN sesuai Permenkes No. 71 Tahun 2013, BPJS Kesehatan mengelola klaim rumah sakit melalui verifikasi administratif dan INA-CBG’s. Pending klaim terjadi akibat ketidaksesuaian pengkodean atau aturan medis, yang dapat menghambat penggantian biaya. Petugas rekam medis berperan dalam mengelola pending klaim, sehingga persepsi mereka penting untuk mengeksplorasi solusi dan pencegahan. Di RSUD Ciamis, kasus pending klaim tahun 2024 mencapai 3.689 berkas, terutama akibat kesalahan pengkodean dan persyaratan yang tidak lengkap. Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi persepsi petugas rekam medis terhadap pending klaim di RSUD Ciamis. Metodologi Penelitian: Metode penelitian kuantitatif deskriptif, sampel 33 petugas rekam medis. Data didapat dengan menyebar kuesioner kepada petugas di unit rekam medis serta di unit pendaftaran rawat inap dan unit rawat jalan. Hasil Penelitian: Hasil penelitian menunjukkan dimensi kerentanan, mayoritas responden menyadari kemungkinan terjadinya pending klaim, yang tercermin dari persepsi baik sebesar 63,6%. Pada dimensi keparahan, setengah dari responden memiliki persepsi sedang (51,5%), menunjukkan petugas belum sepenuhnya memandang pending klaim sebagai masalah yang serius. Pada dimensi manfaat, persepsi baik mendominasi dengan 66,7% responden meyakini bahwa upaya pencegahan dapat memberikan dampak positif bagi rumah sakit. Hambatan dalam pengelolaan klaim juga dipersepsikan realistis oleh petugas, dengan 72,7% menunjukkan persepsi baik. Pada dimensi isyarat untuk bertindak dan efikasi diri, mayoritas responden memiliki persepsi cukup, sebesar 75,8% dan 66,7%, mengindikasikan bahwa terdapat ruang untuk peningkatan kesiapan dan keyakinan diri dalam mengambil langkah perbaikan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Persepsi, Perekam Medis, Pending Klaim |
Subjects: | R Medicine > RZ Other systems of medicine |
Divisions: | Jurusan RMIK > D3 Rekam Medis & Informasi Kesehatan |
Depositing User: | Mhs Danella Vina Aprilia |
Date Deposited: | 16 Jun 2025 02:52 |
Last Modified: | 16 Jun 2025 02:52 |
URI: | http://repo.poltekkestasikmalaya.ac.id/id/eprint/5742 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |