Widiahesty, Anggiani Maulida (2025) HUBUNGAN KUALITAS LAYANAN PADA APLIKASI MOBILE JKN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PESERTA BPJS KESEHATAN PASIEN RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT TMC KOTA TASIKMALAYA TAHUN 2025. Diploma thesis, POLITEKNIK KESEHATAN TASIKMALAYA.
![]() |
Text (halaman depan)
pernyataan orsinilitas.pdf Download (137kB) |
![]() |
Text (halaman depan)
halaman pengesahan.pdf Download (173kB) |
![]() |
Text (halaman depan)
halaman pernyataan persetujuan publikasi anggiani.pdf Download (199kB) |
![]() |
Text (halaman depan)
halaman judul-daftar lampiran.pdf Download (580kB) |
![]() |
Text (bab 1)
bab 1.pdf Download (217kB) |
![]() |
Text (bab 2)
bab 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (227kB) |
![]() |
Text (bab 3)
bab 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (294kB) |
![]() |
Text (bab 4)
bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (244kB) |
![]() |
Text (bab 5)
bab 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (191kB) |
![]() |
Text (daftar pustaka)
daftar pustaka.pdf Restricted to Repository staff only Download (146kB) |
![]() |
Text (lampiran)
lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Latar Belakang: Transformasi digital di sektor kesehatan telah memudahkan akses layanan kesehatan melalui aplikasi mobile JKN. Aplikasi ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas layanan BPJS Kesehatan, terutama bagi pasien rawat jalan. Namun, efektivitas aplikasi ini dalam meningkatkan kepuasan peserta BPJS Kesehatan masih perlu diteliti lebih lanjut. Metodologi Penelitian: Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain cross-sec tional. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang diisi oleh 83 responden yang merupakan pasien rawat jalan peserta BPJS Kesehatan yang menggunakan aplikasi mobile JKN. Analisis data dilakukan dengan uji Chi-Square untuk mengukur hubungan antara variabel kualitas layanan dan kepuasan peserta. Hasil Penelitian: Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan aplikasi mobile JKN memliki hubungan yang signifikan dengan tingkat kepuasan peserta BPJS Kesehatan. Dimensi keandalan, daya tanggap, jaminan, empati, dan bukti fisik dalam aplikasi berpengaruh terhadap tingkat kepuasan pasien rawat jalan. Simpulan: Kualitas layanan aplikasi mobile JKN berkontribusi terhadap kepuasan peserta BPJS Kesehatan. Peningkatan kualitas layanan, terutama dalam aspek keandalan dan kemudahan penggunaan aplikasi, dapat meningkatkan kepuasan pengguna serta efektivitas pelayanan kesehatan digital.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Layanan, Aplikasi mobile JKN, Kepuasan Pasien |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Mhs Anggiani Maulida Widiahesty |
Date Deposited: | 13 Jun 2025 08:40 |
Last Modified: | 13 Jun 2025 08:40 |
URI: | http://repo.poltekkestasikmalaya.ac.id/id/eprint/5703 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |