EFEKTIVITAS DAN EFISIENSI KINERJA PELAYANAN RAWAT JALAN BERDASARKAN INDEKS KEPUASAN PASIEN BPJS DI PUSKESMAS WILAYAH SELATAN KABUPATEN MAJALENGKA

NAJDAH, HASNA IRBATUN (2025) EFEKTIVITAS DAN EFISIENSI KINERJA PELAYANAN RAWAT JALAN BERDASARKAN INDEKS KEPUASAN PASIEN BPJS DI PUSKESMAS WILAYAH SELATAN KABUPATEN MAJALENGKA. Diploma thesis, POLITEKNIK KESEHATAN TASIKMALAYA.

[img] Text (HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS)
HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf

Download (199kB)
[img] Text (HALAMAN PENGESAHAN)
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (265kB)
[img] Text (LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH)
LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf

Download (268kB)
[img] Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (511kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (346kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (404kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (426kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (407kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (299kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (295kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Latar Belakang : Puskesmas merupakan fasilitas pelayanan kesehatan tingkat pertama yang mengutamakan pelayanan promotif dan preventif, dimana kebanyakan puskesmas hanya menyelenggarakan pelayanan rawat jalan. Namun saat ini puskesmas juga menjadi tempat pelayanan kuratif dan rehabilitatif untuk beberapa kasus seperti pasien tuberculosis dan hypertension yang pelayanan kesehatannya dikembalikan ke puskesmas sesuai fasilitas kesehatan pasien. Pelayanan rawat jalan menjadi salah satu pelayanan yang berpengaruh terhadap kepuasan pasien. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efisiensi dan kinerja pelayanan rawat jalan berdasarkan indeks kepuasan pasien di Puskesmas Wilayah Selatan Kabupaten Majalengka. Metodologi Penelitian : Jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien BPJS di delapan Puskesmas Wilayah Selatan Kabupaten Majalengka dan sampel diambil dengan menggunakan rumus slovin. Metode pengumpulan data menggunakan lembar kuesioner. Analisis data yang menggunakan analisis univariat (deskriptif). Pengolahan data dengan cara editing, coding, entry dan cleaning. Hasil Penelitian : Secara umum, pelaksanaan pelayanan rawat jalan di Puskesmas Wilayah Selatan Kabupaten Majalengka sudah berjalan efektif dan efisien. Selain itu, mayoritas pasien puas dengan pelayanan yang diterima sehingga kualitas mutu pelayanan juga menjadi baik. Kesimpulan : Pelaksanaan pelayanan rawat jalan yang sudah efektif dan efisien diharapkan dapat terus dipertahankan sehingga kepuasan pasien tetap terjaga. Sementara itu terkait kepuasan, persentase kepuasan tertinggi terdapat pada aspek reliability, assurance dan empathy. Meskipun demikian, masih terdapat beberapa pasien yang merasa tidak puas sehingga perlu perbaikan pada aspek-aspek yang masih terdapat kekurangan. Sehingga untuk memperbaiki kekurangan tersebut salah satu hal yang penting adalah meningkatkan sikap cepat tanggap dan keramahan petugas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Efektivitas, Efisiensi, Kepuasan, Rawat Jalan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Jurusan RMIK > D3 Rekam Medis & Informasi Kesehatan
Depositing User: Mhs HASNA IRBATUN NAJDAH
Date Deposited: 13 Jun 2025 03:33
Last Modified: 13 Jun 2025 03:33
URI: http://repo.poltekkestasikmalaya.ac.id/id/eprint/5687

Actions (login required)

View Item View Item