GAMBARAN KEPUASAN PASIEN TERHADAP KUALITAS PELAYAN RAWAT INAP DI RSU PERMATA BUNDA CIAMIS TAHUN 2023

RESTIYANI, RESTIYANI (2024) GAMBARAN KEPUASAN PASIEN TERHADAP KUALITAS PELAYAN RAWAT INAP DI RSU PERMATA BUNDA CIAMIS TAHUN 2023. Diploma thesis, POLITEKNIK KESEHATAN TASIKMALAYA.

[img] Text
HALAMAN PERNYATAAN ORISINILITAS.pdf

Download (61kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (117kB)
[img] Text
HALAMAN PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf

Download (166kB)
[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (219kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (83kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (133kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (137kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (142kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Latar Belakang : Pelayanan kesehatan rumah sakit di Indonesia dalam era globalisasi sekarang ini menjadi persaingan ketat antara rumah sakit pemerintah maupun swasta. Kepuasan adalah proses pelayanan dan hubungan antara pribadi dengan pelayanan dan penerima pelayanan (interpersonal relationships), yaitu saling percaya, kepedulian, perhatian, kepekaan, akan kebutuhan-kebutuhan masalah konsumen. Salah satunya yaitu BOR (Bed Occupancy Rate) yang sering disebut sebagai tingkat pemanfaatan tempat tidur merupakan indikator yang digunakan untuk evaluasi dan perencanaan sumber daya rumah sakit untuk meningkatkan layanan rumah sakit. Peneliti bertujuan untuk mengetahui bagaimana tingkat kepuasan pasien terhadap kualitas pelayanan rawat inap di RSU Permata Bunda Ciamis Tahun 2023. Maka peneliti tertarik untuk meneliti dengan judul “Gambaran Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan Rawat Inap di RSU Permata Bunda Ciamis. Metodologi Penelitian : Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian deskriptif menggunakan pendekatan cross sectional. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner, dengan jumlah sampel 40 keluarga pasien atau penanggung jawab pasien. Hasil Penelitian: Penelitian ini mengungkapkan bahwa mayoritas responden berusia 20-29 tahun, terutama perempuan dengan pendidikan SMA dan D3 serta bekerja sebagai wiraswasta. Hasil menunjukkan tingkat kepuasan yang tinggi terhadap layanan RSU Permata Bunda. Evaluasi terhadap lima aspek kualitas pelayanan (Reliability, Assurance, Tangibles, Emphaty, dan Responsiveness) menunjukkan mayoritas responden puas. Hal ini menunjukkan bahwa RSU Permata Bunda Ciamis berhasil memenuhi harapan pasien dalam hal kehandalan, jaminan, aspek fisik, perhatian, dan responsivitas pelayanannya. Kesimpulan : Berdasarkan hasil penelitian mayoritas responden adalah individu berusia 20-29 tahun, terutama perempuan dengan pendidikan SMA dan D3 serta bekerja sebagai wiraswasta. Secara keseluruhan responden merasa puas dengan layanan RSU Permata Bunda, termasuk peralatan medis, ketersediaan obat-obatan, ketepatan waktu dan kenyamanan ruang perawatan. Dengan hal ini menunjukan bahwa RSU Permata Bunda Ciamis berhasil memenuhi harapan pasiein dalam hal kehandalan, jaminan, aspek fisik, perhatian, dan responsivitas pelayanannya. Kata Kunci: Kepuasan, Pelayanan, Pasien Daftar Pustaka: 10 (2014-2024)

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan, Pelayanan, Pasien
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine > R Medicine (General)
Depositing User: Mhs RESTIYANI RESTIYANI
Date Deposited: 26 Aug 2024 09:16
Last Modified: 26 Aug 2024 09:16
URI: http://repo.poltekkestasikmalaya.ac.id/id/eprint/4969

Actions (login required)

View Item View Item