PENGARUH MUTU PELAYANAN PENDAFTARAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI UNIT PENDAFTARAN RUMAH SAKIT SUMBER WARAS TAHUN 2022

Fajriyah, Alfi Melinda (2022) PENGARUH MUTU PELAYANAN PENDAFTARAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI UNIT PENDAFTARAN RUMAH SAKIT SUMBER WARAS TAHUN 2022. Diploma thesis, POLITEKNIK KESEHATAN TASIKMALAYA.

[img] Text
1. HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf

Download (146kB)
[img] Text
2. HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (211kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf

Download (36kB)
[img] Text (Halaman Depan)
4. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Bab I)
5.1. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Bab II)
5.2. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (Bab III)
5.3. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (Bab IV)
5.4. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (Bab V)
5.5. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (479kB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
6. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (609kB) | Request a copy
[img] Text (Lampiran)
7. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Latar Belakang Permasalahan: Kepuasan Pasien menjadi salah satu indikator dalam mengukur keberhasilan pelayanan Kesehatan. Penelitian mengenai mutu pelayanan registrasi terhadap kepuasan pasien di unit pendaftaran Puskesmas Sayung 1 Kabupaten Demak dilakukan oleh Mega Ayu pada tahun 2020 didapatkan bahwa mutu pelayanan registrasi 73,1% tergolong kurang baik, sedangkan untuk kepuasan pasien rawat jalan di unit pendaftaran 93,1% kurang puas. Survey kepuasan pelanggan sudah pernah dilakukan pada unit pendaftaran rawat jalan RS Sumber Waras, hasil pencapaiannya masih sebesar 50% yang mana berdasarkan Peraturan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia Tahun 2016 tentang Standar Pelayanan Minimal, untuk kepuasan pasien yaitu diatas 95%. Metodologi Penelitian: Jenis penelitian kuantitatif, dengan pendekatan cross�sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan Sampling Insidental sebanyak 100 pasien. Pengolahan data menggunakan IBM SPSS dan Microsoft Office. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan analisis univariat dan bivariat dengan uji Chi-Square. Hasil Penelitian: Mutu pelayanan menunjukkan responden menilai baik 69% dan 31% kurang baik. Kepuasan pasien menunjukkan 73% menilai puas dan 27% menilai kurang puas. Hasil uji Chi-Square didapat nilai sig 0,000 < 0,05. Simpulan: Terdapat pengaruh antara mutu pelayanan di bagian pendaftaran terhadap kepuasan pasien rawat jalan, maka semakin baik mutu pelayanan kesehatan yang diperoleh pasien maka akan semakin puas pasien. dan sebaliknya ketidakpuasan akan muncul jika mutu pelayanan tidak lebih baik dari yang diharapkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Mutu Pelayanan Pendaftaran, Kepuasan Pasien, Pasien Rawat Jalan, KTIRMIK2022
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Jurusan RMIK > D3 Rekam Medis & Informasi Kesehatan
Depositing User: Alfi Melinda F
Date Deposited: 02 Jul 2022 15:37
Last Modified: 18 Jul 2022 08:50
URI: http://repo.poltekkestasikmalaya.ac.id/id/eprint/451

Actions (login required)

View Item View Item