Hubungan Mutu Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien di Tempat Pendaftaran Pasien Rawat Jalan Puskesmas Plumbon Kabupaten Cirebon Tahun 2024

AGUSTIN, RESTI MELVIANA (2024) Hubungan Mutu Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien di Tempat Pendaftaran Pasien Rawat Jalan Puskesmas Plumbon Kabupaten Cirebon Tahun 2024. Diploma thesis, POLITEKNIK KESEHATAN TASIKMALAYA.

[img] Text (PERNYATAAN ORISINALITAS)
PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf

Download (50kB)
[img] Text (LEMBAR PENGESAHAN)
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (116kB)
[img] Text (PERSETUJUAN PUBLIKASI)
PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (47kB)
[img] Text (JUDUL-DAFTAR LAMPIRAN)
JUDUL.pdf

Download (292kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (117kB)
[img] Text (BAB II TINJAUAN PUSTAKA)
BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (149kB)
[img] Text (BAB III METODE PENELITIAN)
BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (254kB)
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (338kB)
[img] Text (BAB V KESIMPULAN DAN SARAN)
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Latar Belakang: Puskesmas harus melakukan pengukuran dan evaluasi mutu pelayanan kesehatan sesuai dengan indikator mutu yang ditetapkan. Salah satu indikator mutu pelayanan kesehatan di Puskesmas adalah kepuasan pasien. Kepuasan pasien adalah tingkat keadaan yang dirasakan seseorang yang dimana hasil tersebut didapat dari membandingkan pelayanan yang dirasakan dengan harapan seseorang. Berdasarkan jurnal penelitian sebelumnya dan studi pendahuluan yang telah dilakukan di Puskesmas Plumbon Kabupaten Cirebon masih terdapat sejumlah pasien yang merasa kurang puas dengan pelayanan yang diberikan oleh petugas pendaftaran. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara mutu pelayanan terhadap kepuasan pasien di tempat pendaftaran pasien rawat jalan Puskesmas Plumbon Kabupaten Cirebon. Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien yang telah mendapatkan pelayanan pendaftaran rawat jalan. Sampel dari penelitian ini berjumlah 100 responden dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Analisis dalam penelitian ini adalah analisis univariat dan bivariat. Hasil Penelitian: Hasil uji univariat menunjukkan bahwa mutu pelayanan pendaftaran rawat jalan di Puskesmas Plumbon Kabupaten Cirebon dalam kategori baik sebanyak 60% dan kepuasan pasien di Puskesmas Plumbon kabupaten Cirebon dalam kategori puas sebanyak 50%. Hasil uji chi-square antara mutu pelayanan pendaftaran terhadap kepuasan pasien dengan nilai p-value 0,002 ≤ 0,05. Kesimpulan: Terdapat hubungan antara mutu pelayanan terhadap kepuasan pasien di tempat pendaftaran rawat jalan

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Mutu Pelayanan, Kepuasan Pasien, Tempat Pendaftaran Pasien Rawat Jalan, Puskesmas, KTIRMIK2024
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Jurusan RMIK > D3 Rekam Medis & Informasi Kesehatan
Depositing User: CRB RESTI MELVIANA AGUSTIN
Date Deposited: 26 Jul 2024 07:04
Last Modified: 06 Nov 2024 04:26
URI: http://repo.poltekkestasikmalaya.ac.id/id/eprint/4398

Actions (login required)

View Item View Item