GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI PUSKESMAS KERSANAGARA TASIKMALAYA

Somantri, Agim (2024) GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI PUSKESMAS KERSANAGARA TASIKMALAYA. Diploma thesis, POLITEKNIK KESEHATAN TASIKMALAYA.

[img] Text (Halaman Pernyataan Orisinalitas)
HALAMAN PENYATAAN ORISINILITAS.pdf

Download (82kB)
[img] Text (Halaman Pengesahan)
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (226kB)
[img] Text (Halaman Persetujuan Publikasi Karya Tulis Ilmiah)
HALAMAN PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI KTI.pdf

Download (223kB)
[img] Text (Halaman Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (372kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (114kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (165kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (161kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pelayanan kefarmasian yang berkualitas merupakan pelayanan kesehatan yang dapat memenuhi kebutuhan setiap pengguna layanan sesuai dengan tingkat kepuasan pasien. Pelayanan kefarmasian yang kurang optimal dapat merugikan pasien. Oleh karena itu, diperlukan pelayanan kefarmasian yang tepat, objektif, dan komprehensif untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Kepuasan pelayanan dapat diukur dengan memperhatikan lima dimensi yaitu responsiveness (ketanggapan), reliability (kehandalan), assurance (jaminan), empathy (empati), tangible (bukti fisik). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Puskesmas Kersanagara Gunung Kalong Kecamatan Cibeureum Kota Tasikmalaya berdasarkan dimensi ketanggapan, kehandalan, jaminan, empati, bukti fisik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien rawat jalan di Puskesmas Kersanagara dan sampel berjumlah seratus orang ditentukan dengan teknik Accidental Sampling yang didasarkan pada kriteria inklusi dan eksklusi. Analisis data tingkat kepuasan pasien dilakukan dengan cara membandingkan skor maksimum dan skor yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pasien rawat jalan di Puskesmas Kersanagara puas terhadap pelayanan kefarmasian dengan skor presentase total 80,62% dimana berdasarkan dimensi Daya Tanggap (Responsiveness) sebanyak 79,80% (puas), Kehandalan (Reliability) sebanyak 82,64% (sangat puas), Jaminan (Assurance) sebanyak 84,68% (sangat puas), Empati (Empathy) sebanyak 81,20% (sangat puas) dan Bukti Fisik (Tangible) sebanyak 74,80% (puas). Jadi, dapat disimpulkan dari penelitian ini bahwa tingkat kepuasan pelayanan kefarmasian pada pasien rawat jalan di Puskesmas Kersanagara adalah puas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: pelayanan kefarmasian, puskesmas, tingkat kepuasan
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Jurusan Farmasi > D3 Farmasi
Depositing User: Mhs Agim Somantri
Date Deposited: 21 Aug 2024 02:22
Last Modified: 21 Aug 2024 02:22
URI: http://repo.poltekkestasikmalaya.ac.id/id/eprint/4313

Actions (login required)

View Item View Item