HUBUNGAN MUTU PELAYANAN DENGAN KEPUASAN PASIEN DI TEMPAT PENDAFTARAN PASIEN GAWAT DARURAT RUMAH SAKIT CIREMAI KOTA CIREBON TAHUN 2024

Fitri, Hevy Sonnia (2024) HUBUNGAN MUTU PELAYANAN DENGAN KEPUASAN PASIEN DI TEMPAT PENDAFTARAN PASIEN GAWAT DARURAT RUMAH SAKIT CIREMAI KOTA CIREBON TAHUN 2024. Diploma thesis, POLITEKNIK KESEHATAN TASIKMALAYA.

[img] Text (PERNYATAAN ORISINALITAS)
HALAMAN ORISINALITAS
Restricted to Repository staff only

Download (115kB)
[img] Text (LEMBAR PENGESAHAN)
HALAMAN PENGESAHAN
Restricted to Repository staff only

Download (179kB)
[img] Text (PERSETUJUAN PUBLIKASI)
HALAMAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img] Text (JUDUL-DAFTAR LAMPIRAN)
JUDUL.pdf

Download (378kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB 1.pdf

Download (183kB)
[img] Text (BAB II TINJAUAN PUSTAKA)
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB)
[img] Text (BAB III METODE PENELITIAN)
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (255kB)
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (266kB)
[img] Text (BAB V KESIMPULAN DAN SARAN)
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (172kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang : Rumah sakit sebagai organisasi kesehatan yang menyediakan pelayanan paripurna, penyembuhan dan pencegahan penyakit. Tempat Pendaftaran Pasien (TPP) memiliki peran krusial sebagai pintu gerbang rumah sakit. Faktor internal dan eksternal, termasuk sarana dan prasarana berpengaruh pada kepuasan pasien, yang dapat diukur melalui 5 dimensi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan mutu pelayanan dengan kepuasan pasien di tempat pendaftaran pasien gawat darurat Rumah Sakit Ciremai Kota Cirebon Tahun 2024. Metode Penelitian : Metode kuantitatif dengan rancangan penelitian cross sectional. Populasi penelitian ini seluruh pasien yang mendaftar di tempat pendaftaran pasien gawat darurat di Rumah Sakit Ciremai pada Bulan Januari 2024, dengan sampel 40 responden. Teknik pengambilan sampel yaitu accidental sampling. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Analisis univariat tentang karakteristik responden dan mutu pelayanan dan kepuasan pasien. Uji Chi-square digunakan dalam analisis bivariat untuk melihat 2 hubungan antara variabel bebas dan terikat. Hasil Penelitian : Pada karakteristik responden sebagian besar responden berjenis kelamin laki-laki (57,5%), dengan rentang umur 46 - 55 Tahun, berpendidikan SMA (50,0%) dan responden yang bekerja (57,5%). Mutu pelayanan sebagian besar responden menilai baik pada dimensi reliability (77,5%), dimensi responsiveness (75,0%), dimensi assurance (75,0%), dimensi empaty (72,5%) dan dimensi tangible (85,0%) dan kepuasan pasien menunjukan 70,0% merasa puas. Hasil uji Chi-square diperoleh nilai p-value = 0,029 ≤ nilai α = 0,05. Kesimpulan : Terdapat hubungan antara mutu pelayanan dengan kepuasan pasien di tempat pendaftaran pasien gawat darurat Rumah Sakit Ciremai Kota.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Mutu Pelayanan, Kepuasan, KTIRMIK2024
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Jurusan RMIK > D3 Rekam Medis & Informasi Kesehatan
Depositing User: CRB HEVY SONNIA FITRI
Date Deposited: 08 Jul 2024 08:44
Last Modified: 08 Jul 2024 08:44
URI: http://repo.poltekkestasikmalaya.ac.id/id/eprint/4036

Actions (login required)

View Item View Item