AMELIA, RIZKY (2024) Peningkatan Pengetahuan Isi Piringku dengan Menggunakan Media Rotasi (Roda Putar Edukasi) pada Siswa Kelas V di SD Negeri 3 Setu Wetan. Diploma thesis, POLITEKNIK KESEHATAN TASIKMALAYA.
Text (PERNYATAAN ORISINALITAS)
HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf Download (120kB) |
|
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (319kB) |
|
Text (PERSETUJUAN PUBLIKASI)
LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf Download (6kB) |
|
Text (JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf Download (498kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I.pdf Download (332kB) |
|
Text (BAB II TINJAUAN PUSTAKA)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (405kB) |
|
Text (BAB III METODE PENELITIAN)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (357kB) |
|
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (372kB) |
|
Text (BAB V KESIMPULAN DAN SARAN)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (204kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (428kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (931kB) |
Abstract
Kelebihan atau kekurangan gizi pada anak dapat berdampak negatif pada potensi pertumbuhan ekonomi bangsa. Data Riskesdas tahun 2018, status gizi anak usia 5 sampai 12 tahun secara nasional yaitu 2,4% sangat kurus, 6,8% kurus, dan 10,8% gemuk, dan 9,2% obesitas. Data ini menunjukan bahwa masih banyak anak yang mengalami masalah gizi yang disebabkan karena kurangnya pengetahuan terkait gizi. Upaya peningkatan pengetahuan gizi perlu dilakukan dengan memberikan edukasi isi piringku. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan pengetahuan isi piringku dengan menggunakan media Rotasi (Roda Putar Edukasi). Jenis penelitian ini adalah penelitian pre - eksperimen (rancangan eksperimen semu) dengan desain One Group Pre Test – Post Test. Penelitian ini dilakukan pada bulan januari tahun 2024. Tempat penelitian ini dilakukan di SD 3 Setu Wetan Kabupaten Cirebon. Penelitian dilakukan pada siswa kelas VA yang berjumlah 38 siswa. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, dan kuesioner (angket). Analisis data secara subjektif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 88,5% siswa mengalami peningkatan nilai pengetahuan dan 11,5% siswa dengan nilai pengetahuan tetap. Nilai pengetahuan siswa 53,9% meningkat dari cukup menjadi baik, 19,2% siswa tetap pada kategori cukup, 19,2% siswa mengalami peningkatan dari kurang menjadi cukup, dan 7,7% siswa tetap pada kategori baik. Media edukasi Rotasi (Roda Putar Edukasi) dapat menjadi salah satu alternatif media pembelajaran yang menarik untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada materi gizi tentang isi piringku dan materi pembelajaran lainnya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Anak Sekolah Dasar, Edukasi, Isi Piringku, Media, Rotasi (Roda Putar Edukasi), KTIGIZI2024 |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education R Medicine > R Medicine (General) |
Divisions: | Jurusan Gizi > D3 Gizi |
Depositing User: | CRBN RIZKY AMELIA |
Date Deposited: | 03 Jul 2024 15:08 |
Last Modified: | 18 Jul 2024 04:52 |
URI: | http://repo.poltekkestasikmalaya.ac.id/id/eprint/3875 |
Actions (login required)
View Item |