Yulia, Rizka (2024) Pengaruh Pendidikan Kesehatan Mengenai HIV/AIDS Melalui Video Animasi pada Media Sosial pada Remaja Kelas XI SMKN 4 Tasikmalaya. Diploma thesis, Politeknik Kesehatan Tasikmalaya.
![]() |
Text
SURAT PERNYATAAN ORSINILITAS_RizkaYulia.pdf Download (150kB) |
![]() |
Text
LembarPengesahan__RizkaYulia.pdf Download (157kB) |
![]() |
Text
Persetujuan Karya Ilmiah_Rizka Yulia.pdf Download (119kB) |
![]() |
Text
Halaman Judul_Rizka Yulia.pdf Download (418kB) |
![]() |
Text
BAB I_Rizka Yulia.pdf Download (248kB) |
![]() |
Text
BAB 2_Rizka Yulia.pdf Restricted to Repository staff only Download (365kB) |
![]() |
Text
BAB 3_Rizka Yulia.pdf Restricted to Repository staff only Download (348kB) |
![]() |
Text
BAB 4_Rizka Yulia.pdf Restricted to Repository staff only Download (378kB) |
![]() |
Text
BAB 5_Rizka Yulia.pdf Restricted to Repository staff only Download (154kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA_Rizka Yulia.pdf Restricted to Repository staff only Download (218kB) |
![]() |
Text
Lampiran_Rizka Yulia.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Latar belakang: Masa remaja merupakan periode peralihan dari masa kanak – kanak ke masa dewasa. Fase remaja ini dianggap sensitif karena keputusan untuk terlibat dalam perilaku seksual dapat muncul, perilaku tersebut berpotensi menyebabkan penularan penyakit seperti Human Immunodeficieny Virus (HIV)/ Acquired Immunodeficiency Syndrome (AIDS), dan penyakit menular seksual lainnya. Kurangnya informasi dan pengetahuan tentang HIV/AIDS dikalangan remaja merupakan salah satu penyebab budaya seks bebas di kalangan remaja dapat terus berkembang dan meningkatkan risiko penularan HIV/AIDS di kalangan mereka. Tujuan: Untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan melalui video animasi pada media sosial terhadap pengetahuan dan sikap remaja. Metode: Quasy Eksperimental dengan pretest-posttest with control design. Instrument yang digunakan adalah lembar kuisioner. Pengambilan sampel menggunakan probability sampling, terdiri dari 21 responden untuk kelompok intervensi dan kontrol. Uji statistik menggunakan dependent t-test dan independent t-test. Hasil: Terdapat perbedaan yang signifikan rerata skor pengetahuan dan sikap, sebelum edukasi pada kelompok intervensi 46.48 dan 43.16 menjadi 73.80 dan 72.72 (p-value 0,000), sedangkan untuk kelompok kontrol sebelum edukasi 45.56 dan 42.82 menjadi 65.08 dan 66.60 (p-value 0.000). Terdapat perbedaan yang signifikan rerata skor sesudah edukasi antara kedua kelompok dengan p-value 0.012 untuk pengetahuan dan p-value 0.021 untuk sikap. Kesimpulan: Penelitian ini menunjukan bahwa pendidikan kesehatan menggunakan media video animasi pada media sosial dapat meningkatkan pengetahuan dan sikap remaja mengenai HIV/AIDS.
Item Type: | Thesis (Diploma) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Animation Video Media, Social Media, Health Education, HIV/AIDS | ||||||||||||
Subjects: | R Medicine > RT Nursing | ||||||||||||
Divisions: | Jurusan Keperawatan > NERS | ||||||||||||
Depositing User: | M D4 Rizka Yuia | ||||||||||||
Date Deposited: | 01 Jul 2024 04:05 | ||||||||||||
Last Modified: | 24 Apr 2025 02:28 | ||||||||||||
URI: | http://repo.poltekkestasikmalaya.ac.id/id/eprint/3657 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |