Hubungan mutu pelayanan kesehatan gigi dan mulut dengan minat berobat kembali pasien BPJS dan non BPJS melalui tingkat kepuasan pasien di Poli Gigi Puskesmas Tinewati Kabupaten Tasikmalaya

Dewinta, Nur Yuniar Tri (2023) Hubungan mutu pelayanan kesehatan gigi dan mulut dengan minat berobat kembali pasien BPJS dan non BPJS melalui tingkat kepuasan pasien di Poli Gigi Puskesmas Tinewati Kabupaten Tasikmalaya. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya.

[img] Text (Cover)
Nur Yuniar Tri Dewinta.25219026.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Abstrak)
abstrak.pdf

Download (292kB)
[img] Text (Kata Pengantar)
kata pengantar.pdf

Download (406kB)
[img] Text (Daftar Isi)
daftar isi.pdf

Download (222kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (216kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (523kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (342kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (467kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (187kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (446kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang : Mutu pelayanan kesehatan merupakan standarisasi pelayanan ideal yang harus diberikan oleh tenaga kesahatan, guna mendapat perbandingan yang setara berupa kepuasan pasien. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara mutu pelayanan kesehatan gigi dan mulut dengan minat berobat kembali pasien BPJS dan Non BPJS melalui tingkat kepuasan pasien di Puskesmas Tinewati Kabupaten Tasikmalaya. Metode : menggunakan survey analitik dengan pendekatan cross sectional study. Pelaksanaan penelitian di Puskesmas Tinewati pada tanggal 12 April -19 April 2023. Jumlah sampel sebanyak 30 orang dengan menggunakan teknik quota sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Uji statistic yang digunakan untuk menganalisis hubungan antara variabel menggunakan uji Correlation Spearman’s rho. Hasil penelitian mutu pelayanan kesehatan gigi dan mulut yaitu kriteria sangat baik (84,8%), hasil penelitian tinngkat kepuasan pasien yaitu kriteria Puas (73,3%), serta hasil minat berobat kembali yakni (100%) . Hasil : Uji statistic diperoleh nilai p value: 0,000 (<0,05) dengan korelaso koefisien: 0,610. Kesimpulan : Terdapat hubungan signifikan yang kuat searah antara variabel mutu pelayanan kesehatan gigi dan mulut terhadap minat berobat kembali pasien BPJS dan Non BPJS di Puskesmas Tinewati Kabupaten Singaparna pasien BPJS dan Non BPJS di Puskesmas Tinewati Kabupaten Tasikmalaya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRobbihi, Hilmiy IlaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorTiana, MitaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Mutu Pelayanan, Kepuasan Pasien
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Jurusan Keperawatan Gigi > D4 Terapi Gigi
Depositing User: NUR YUNIAR TRI DEWINTA
Date Deposited: 27 Oct 2023 01:21
Last Modified: 27 Oct 2023 01:21
URI: http://repo.poltekkestasikmalaya.ac.id/id/eprint/2859

Actions (login required)

View Item View Item