Nurzain, Jian (2023) Pengaruh permain montessori menyikat gigi terhadap pengetahuan dan perilaku menyikat gigi di MI Darul Khoer Wanayasa Kabupaten Purwakarta. Diploma thesis, Politeknik Kesehatan Tasikmalaya.
Text (Halaman Depan)
Jian Nurzain.25219020 (1).pdf Download (1MB) |
|
Text
moto.pdf Download (126kB) |
|
Text (Halaman Depan/Bab 1)
abstrak.pdf Download (85kB) |
|
Text
kata pengantar.pdf Download (209kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (92kB) |
|
Text (Bab I)
BAB I.pdf Download (146kB) |
|
Text (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (383kB) | Request a copy |
|
Text (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (147kB) | Request a copy |
|
Text (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (240kB) | Request a copy |
|
Text (Bab V)
BAB V.pdf Download (64kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (136kB) |
|
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Latar belakang: Salah satu tempat yang banyak ditemukan perkembangan bakteri yaitu rongga mulut. Dipengaruhi temperatur, kelembaban dan ketersediaan makanan. Pengetahuan kesehatan gigi dan mulut sebaiknya diberikan sejak usia dini, karena anak mulai mengerti pentingnya kesehatan gigi dan mulut, dimana sangat dipengaruhi oleh pengetahuan dan perilaku. Menyikat gigi pada anak dengan frekuensi yang tidak optimal dapat disebabkan karena anak tidak dibiasakan melakukan sikat gigi sejak dini oleh orang tua. Agar dilakukan dengan menyenangkan pembelajaran dapat diberikan dengan permainan montessori untuk meningkatkan pengetahuan dan perilaku anak. Tujuan: Untuk mengetahui pengaruh metode permainan montessori menyikat gigi terhadap peningkatan pengetahuan dan perilaku menyikat gigi siswa kelas I di MI Darul Khoer Wanayasa Kabupaten Purwakarta. Metode: Penelitian ini menggunakan rancangan one group pre-test and post-test design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas I MI Darul Khoer dengan jumlah sampel 22 siswa. Hasil: Siswa mempunyai pengetahuan dan perilaku menyikat gigi dengan kategori kurang 54,6% sebelum dilakukan metode permainan montessori dan setelah dilakukan metode permainan montessori 63,8% anak mengalami peningkatan pengetahuan dan perilaku menyikat gigi dengan kategori baik dengan nilai Asymp.sign (2-tailed) bernilai 0,000<0,05. Kesimpulan: Terdapat pengaruh metode permainan montessori terhadap pengetahuan dan perilaku menyikat gigi di MI Darul Khoer Wanayasa Kabupaten Purwakarta.
Item Type: | Thesis (Diploma) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | permainan montessori, pengetahuan, perilaku, menyikat gigi | ||||||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | ||||||||||||
Divisions: | Jurusan Keperawatan Gigi > D4 Terapi Gigi | ||||||||||||
Depositing User: | JIAN NURZAIN | ||||||||||||
Date Deposited: | 25 Oct 2023 07:35 | ||||||||||||
Last Modified: | 25 Oct 2023 07:35 | ||||||||||||
URI: | http://repo.poltekkestasikmalaya.ac.id/id/eprint/2855 |
Actions (login required)
View Item |