Puteri, Nadya Andini (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DENGAN METODE CERITA UNTUK PENINGKATAN PENGETAHUAN TRIGUNA MAKANAN PADA SISWA KELAS IV DI SDN KEBON BARU 4 KOTA CIREBON. Diploma thesis, POLTEKKES KEMENKES TASIKMALAYA.
Text (PERNYATAAN ORISINALITAS)
Nadya AP_Gizi Crb_Surat Pernyataan Orisinal.pdf Download (164kB) |
|
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
Nadya AP_Gizi Crb_Lembar Pengesahan.pdf Download (165kB) |
|
Text (PERSETUJUAN PUBLIKASI)
Nadya AP_Gizi Crb_Surat Pernyataan Publikasi.pdf Download (177kB) |
|
Text (JUDUL)
Nadya AP_Gizi Crb_Halaman Judul.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
Nadya AP_Gizi Crb_BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB II)
Nadya AP_Gizi Crb_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
Nadya AP_Gizi Crb_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
Nadya AP_Gizi Crb_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
Nadya AP_Gizi Crb_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (309kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Nadya AP_Gizi Crb_Daftar Pustaka.pdf Restricted to Repository staff only Download (826kB) | Request a copy |
|
Text (LAMPIRAN)
Nadya AP_Gizi Crb_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Data Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) tahun 2021 di Kota Cirebon menunjukkan prevalensi balita stunting (30,6%), wasting (7,1%), underweight (21,9%), overweight (3,8%). Kurangnya pengetahuan merupakan salah faktor penyebab tidak langsung masalah gizi. Peningkatan pengetahuan melalui pendidikan gizi dapat mencegah timbulnya masalah gizi. Pendidikan gizi merupakan upaya mengubah sikap dan perilaku untuk mendukung pemenuhan gizi khususnya triguna makanan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan pengetahuan triguna makanan pada siswa kelas IV di SDN Kebon Baru 4 Kota Cirebon. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian quasi eksperimen dengan rancangan pre and posttest with control group design. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kebon Baru 4 Kota Cirebon. Waktu penelitian dilaksanakan selama dua hari berselang tiga hari. Hari pertama dilakukan pre-test dan pemberian edukasi dengan model pembelajaran Make A Match dengan metode cerita pada kelompok eksperimen (kelas IV C) dan metode power point pada kelompok kontrol (kelas IV B). Hari keempat dilakukan post test. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 45 siswa yang memenuhi kriteria. Pengambilan data dilakukan dengan kuesioner yang terdiri dari 10 pertanyaan. Analisis data dilakukan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Make A Match dengan metode cerita lebih optimal dalam jangka panjang dibandingkan metode power point. Perubahan pengetahuan siswa pada kelompok eksperimen mengalami peningkatan sebesar (90,9%) dan (60,9%) pada kelompok kontrol. Pengetahuan siswa pada kelompok kontrol ditemukan (21,7%) mengalami penurunan. Model pembelajaran Make A Match dengan metode cerita dapat digunakan sebagai strategi edukasi tentang gizi maupun edukasi pembelajaran lainnya. Kata kunci: anak sekolah, metode cerita, model pembelajaran Make A Match, pengetahuan, triguna makanan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengetahuan, anak sekolah, model pembelajaran, metode pembelajaran KTIGIZI2023 |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Jurusan Gizi > D3 Gizi |
Depositing User: | G.CRB NADYA ANDINI PUTRI |
Date Deposited: | 08 Nov 2023 03:09 |
Last Modified: | 08 Nov 2023 03:09 |
URI: | http://repo.poltekkestasikmalaya.ac.id/id/eprint/2809 |
Actions (login required)
View Item |