MAULINDA, MELLIYAH (2023) HUBUNGAN KUALITAS LAYANAN REKAM MEDIS TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PASIEN PENDAFTARAN RAWAT JALAN UMUM DI RUMAH SAKIT SUMBER WARAS TAHUN 2023. Diploma thesis, POLITEKNIK KESEHATAN TASIKMALAYA.
Text (PERNYATAAN ORISINALITAS)
1. Halaman Pernyataan Orisinalitas_Melliyah Maulinda.pdf Download (114kB) |
|
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
2. Halaman Pengesahan_Melliyah Maulinda.pdf Download (230kB) |
|
Text (PERSETUJUAN PUBLIKASI)
3. Halaman Persetujuan Publikasi_Melliyah Maulinda.pdf Download (207kB) |
|
Text (HALAMAN JUDUL)
4. Halaman Judul_Melliyah Maulinda.pdf Download (687kB) |
|
Text (BAB I)
5. Bab I_Melliyah Maulinda.pdf Download (314kB) |
|
Text (BAB II)
6. Bab II_Melliyah Maulinda.pdf Restricted to Repository staff only Download (357kB) |
|
Text (BAB III)
7. Bab III_Melliyah Maulinda.pdf Restricted to Repository staff only Download (592kB) |
|
Text (BAB IV)
8. Bab IV_Melliyah Maulinda.pdf Restricted to Repository staff only Download (508kB) |
|
Text (BAB V)
9. Bab V_Melliyah Maulinda.pdf Restricted to Repository staff only Download (332kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10. Daftar Pustaka_Melliyah Maulinda.pdf Restricted to Repository staff only Download (307kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
11. Lampiran_Melliyah Maulinda.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Kepuasan adalah perasaan senang atau kecewa seseorang yang timbul karena membandingkan kinerja yang dipersepsikan produk (atau hasil) terhadap ekspetasi mereka. Berdasarkan hasil studi pendahuluan peneliti melakukan wawancara kepada lima pasien yang mengatakan bahwa pendaftaran terbilang terlalu cepat dengan waktu pelayanan hanya 10 menit dan informasi yang disampaikan menjadi kurang jelas. Berdasarkan uraian pada latar belakang tersebut, maka penulis ingin mengetahui adakah hubungan antara kualitas layanan rekam medis terhadap tingkat kepuasan pasien pendaftaran rawat jalan umum di Rumah Sakit Sumber Waras Tahun 2023. Jenis penelitian ini merupakan kuantitatif analitik observasional dengan pendekatan cross sectional. Sampel dari penelitian ini adalah pasien pendaftaran rawat jalan umum sebanyak 99 responden dihitung menggunakan rumus slovin. teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling. Uji statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji chi square. Analisis data dalam penelitian ini adalah analisis univariat dan analisis bivariate. Hasil karakteristik responden berdasarkan usia responden dengan rentang usia 18 – 35 tahun paling banyak dengan persentase 44,4%. Karakteristik berdasarkan jenis kelamin responden dengan jenis kelamin perempuan lebih dominan dengan persentase 62,6%. Karakteristik responden berdasarkan pendidikan paling banyak yaitu tamat SLTA dengan persentase 97,0%. Karakteristik berdasarkan pekerjaan paling banyak yaitu belum bekerja dengan persentase 36,4%. Hasil yang didapatkan untuk kualitas layanan rekam medis untuk kategori baik yaitu 42,4%, dan tidak baik yaitu 57,6%. Hasil yang didapatkan untuk kepuasan pasien pendaftaran rawat jalan umum untuk kategori puas yaitu 41,4%, dan kategori tidak puas yaitu 58,6%. Hasil penelitian menunjukkan hasil uji korelasi menggunakan uji chi square antara kualitas layanan rekam medis dan kepuasan pasien pendaftaran rawat jalan umum diketahui p-value (signifikasi) 0.000 yang berarti bahwa P-value = 0.000 < 0.05. maka hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya hubungan antara kualitas layanan rekam medis dengan kepuasan pasien pendaftaran rawat jalan umum. Terdapat hubungan kualitas layanan rekam medis dengan kepuasan pasien pendaftaran rawat jalan umum.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Layanan, Tingkat Kepuasan Pasien, KTIRMIK2023 |
Subjects: | R Medicine > RZ Other systems of medicine |
Divisions: | Jurusan RMIK > D3 Rekam Medis & Informasi Kesehatan |
Depositing User: | CRBN MELLIYAH MAULINDA |
Date Deposited: | 17 Jul 2023 02:07 |
Last Modified: | 25 Jul 2023 01:11 |
URI: | http://repo.poltekkestasikmalaya.ac.id/id/eprint/2380 |
Actions (login required)
View Item |