ANUGERAH, MUHAMAD YUDA (2023) PENGEMBANGAN GAME PLATFORMER DIADASH UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN REMAJA TENTANG DIABETES MELITUS. Diploma thesis, POLITEKNIK KESEHATAN TASIKMALAYA.
Text
SURAT PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf Download (185kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (169kB) |
|
Text
SURAT PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Download (46kB) |
|
Text
HALAMAN JUDUL.pdf Download (434kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (112kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (909kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (177kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (134kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (335kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 6.pdf Restricted to Repository staff only Download (62kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (114kB) | Request a copy |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (978kB) | Request a copy |
Abstract
Peneliti bertujuan untuk mengembangkan platform permainan bernama DiaDash dengan tujuan meningkatkan pengetahuan remaja tentang diabetes melitus. Penelitian ini dilakukan sebagai respons terhadap meningkatnya kasus diabetes melitus di kalangan remaja dan popularitas permainan di Indonesia. Dengan permainan ini, peneliti berharap dapat memberikan manfaat nyata dalam meningkatkan pemahaman remaja tentang bahaya diabetes melitus. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian dan Pengembangan (R&D), tetapi hanya dilakukan hingga uji coba lapangan skala terbatas dalam uji coba ini diujikan System usability scale dan pre test post test. Berdasarkan umpan balik dari ahli media selama uji coba, peneliti menerima saran untuk memperbaiki aplikasi DiaDash. Selain itu, dalam kesimpulan, ahli media menyatakan bahwa media permainan DiaDash layak untuk pengujian lebih lanjut setelah perbaikan dilakukan. Selanjutnya, skor System Usability Scale (SUS) sebesar 72 diperoleh, yang menyimpulkan bahwa aplikasi ini dinilai dapat diterima dengan kategori baik. Dan hasil pre test post test menunjukan bahwa dari 30 responden yang di berikan game DiaDash didapatkan nilai masing-masing p-value 0,000 yaitu berarti <(0,05), ini menunjukan bahwa ada perbedaan secara signifikan rerata skor pengetahuan tentang diabetes melitus sebelum dan sesudah diberikan game DiaDash. Berdasarkan tahapan yang dilakukan dalam penelitian mengenai pengembangan game platformer DiaDash, dapat disimpulkan bahwa penelitian ini menghasilkan produk berupa media permainan bernama DiaDash dan game DiaDash efektif digunakan sebagai media pendidikan kesehatan dalam meningkatkan pengetahuan remaja tentang diabetes melitus.
Item Type: | Thesis (Diploma) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Diabetes Melitus, Game Platformer, DiaDash | ||||||||||||
Subjects: | R Medicine > RT Nursing | ||||||||||||
Depositing User: | Muhamad Yuda A | ||||||||||||
Date Deposited: | 06 Jul 2023 03:41 | ||||||||||||
Last Modified: | 06 Jul 2023 03:41 | ||||||||||||
URI: | http://repo.poltekkestasikmalaya.ac.id/id/eprint/2279 |
Actions (login required)
View Item |