EVALUASI PELAKSANAAN PENILAIAN PENCAPAIAN KOMPETENSI (PPK) DI PROGRAM STUDI KEBIDANAN CIREBON TAHUN 2014

Neli Nurlina, Neli and Lia Nurcahyani, Lia and Dyah Widiyastuti, Dyah (2016) EVALUASI PELAKSANAAN PENILAIAN PENCAPAIAN KOMPETENSI (PPK) DI PROGRAM STUDI KEBIDANAN CIREBON TAHUN 2014. Midwife's Research, 5 (2). pp. 168-191. ISSN 2089-5682

[img] Text (Artikel)
Jurnal 2016_EVALUASI PELAKSANAAN PENILAIAN PENCAPAIAN.pdf

Download (114kB)
[img] Text (Uji Similarity)
2016 EVALUASI PELAKSANAAN PENILAIAN PENCAPAIAN KOMPETENSI (PPK) DI PROGRAM STUDI KEBIDANAN CIREBON TAHUN 2014-CEK SIMILARITY.pdf

Download (4MB)
[img] Text (Peer Review)
2016-Evaluasi Penilaian Pencapaian Kompetensi-peer review.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penilaian Pencapaian Kompetensi merupakan suatu proses pengumpulan bukti secara sistematis dalam rangka pengambilan keputusan tentang kemampuan seseorang berdasarkan kompetensi yang telah ditetapkan. Penilaian Pencapaian Kompetensi (PPK) baru diselenggarakan di Program Studi Kebidanan Cirebon Tahun 2014 yang terdiri dari PPK I diselenggarakan pada mahasiswa Semester 2 dan PPK II pada mahasiswa semester 4. Pelaksanaan PPK tentunya membutuhkan evaluasi untuk mengetahui kekurangan dan kelebihan program yang telah dilakukan untuk kemajuan PPK di masa yang akan datang guna meningkatkan mutu lulusan. Kegunaan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan penilaian pencapaian kompetensi dari indikator input proses dan output. Metode penelitian penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data kualitatif dikumpulkan dengan teknik wawancara terstruktur pada mahasiswa dan dosen penangung jawab dan pembuat soal PPK. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan sudah sesuai dengan pedoman dari Pusdiknakes, namun masih ada beberapa kekurangan yang harus diperbaiki mulai dari tahap persiapan yang belum maksimal. Jeda persiapan dengan pelaksanaan yang hanya satu hari. Selain itu masih ada kompetensi baru dan tidak diberikan pengkayaan sebelumnya. Pada pelaksanaa PPK praktik masih ada alat yang kurang, waktu tiap prasat yang tidak sama serta tempat yang tidak kondusif. Pada pelaksanaan PPK teori soal sudah menggunakan bentuk pignette, namun masih ada soal yang ambigu, sehingga sulit dimengerti. Saran hendaknya jeda antara persiapan/ pembekalan dengan pelaksanaan tidak terlalu dekat sehingga mahasiswa memiliki cukup waktu dalam mempersiapkan PPK. Kebutuhan waktu untuk setiap stasi yang akan diujikan hendaknya sama dari semua kompetensi yang diujikan sehingga tidak ada yang ada yang kekurangan ataupun kelebihan waktu. Alat yang dibutuhkan hendaknya sudah dipersiapkan sebelumnya dengan melihat jumlah mahasiswa yang akan mengikuti ujian PPK. Untuk pemilihan tempat hendaknya dipertimbangkan sehingga dapat efektif dan efisien. Kata Kunci : PPK

Item Type: Article
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Jurusan Kebidanan > D3 Kebidanan
Depositing User: Neli Nurlina
Date Deposited: 25 Mar 2022 08:19
Last Modified: 25 Mar 2022 08:19
URI: http://repo.poltekkestasikmalaya.ac.id/id/eprint/176

Actions (login required)

View Item View Item