Efektifitas Pendidikan Kesehatan Antara Metode Ceramah dan Demonstrasi terhadap Peningkatan Pengetahuan Cuci Tangan Siswa SDN Sunyaragi Kota Cirebon

Suhenda, Andi and Rohmana, Omay and Santoso, Aman Budi (2018) Efektifitas Pendidikan Kesehatan Antara Metode Ceramah dan Demonstrasi terhadap Peningkatan Pengetahuan Cuci Tangan Siswa SDN Sunyaragi Kota Cirebon. Jurnal Persada Husada Indonesia, 5 (18). pp. 70-75. ISSN 2356-3281

[img] Text (Artikel)
119

Download (4kB)
[img] Text (Peer Review)
Efektivitas PenKes antara Metode Ceramah dg Demonstrasi terhadap Peningkatan Pengetahuan Cuci Tangan Siswa SDN Sunyaragi Kota Cirebon-Andi Suhenda.pdf

Download (16MB)

Abstract

Permasalahan perilaku kesehatan anak usia sekolah (6-10 tahun) biasanya berkaitan dengan kebersihan perorangan seperti cuci tangan yang baik dan benar. Hasil Riskesdas 2008 menunjukkan bahwa terdapat provinsi yang indikator cuci tangannya masih dibawah rerata nasional atau 23,2. Salah satu cara untuk meningkatkan keterampilan anak usia sekolah dalam cuci tangan adalah memberikan pendidikan kesehatan dengan metode ceramah dan demonstrasi. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah ”Quasi experimental one group pre and post test design” dengan intervensi pendidikan kesehatan dengan metode ceramah dan demonstrasi. Jumlah sampel sebanyak 44 siswa. 22 siswa untuk metode ceramah dan metode demonstrasi adalah 22 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah Quota sampling. Teknik statistik untuk data ordinal dapat digunakan teknik statistik Wilcoxon Signed Rank dan Uji Mann Whitney U Test. Ada peningkatan pengetahuan tentang cuci tangan secara bermakna (p value < 0,05) setelah dilakukan pendidikan kesehatan dengan metode ceramah sebanyak 13 responden (rerata peningkatan sebesar 7,92) dan ada peningkatan pengetahuan tentang cuci tangan secara tidak bermakna (p value > 0,05) setelah dilakukan pendidikan kesehatan dengan metode demonstrasi sebanyak 9 responden (rerata peningkatan sebesar 8,44). Antara metode ceramah dengan metode demonstrasi secara statistik tidak bermakna (p value > 0,05), Artinya antara metode ceramah (rerata peningkatan 23,35) dan metode demonstrasi (rerata peningkatan 17,65) sama-sama efektif dalam meningkatkan pengetahuan tentang cuci tangan. Ada peningkatan pengetahuan cuci tangan sebelum dan sesudah mendapatkan pendidikan kesehatan dengan metode ceramah dan demonstrasi pada anak sekolah dasar. Metode ceramah dan demonstrasi sama-sama efektif dalam meningkatkan pengetahuan cuci tangan pada anak sekolah dasar

Item Type: Article
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
AuthorUNSPECIFIEDUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Jurusan RMIK > D3 Rekam Medis & Informasi Kesehatan
Depositing User: Andi Suhenda
Date Deposited: 24 Mar 2022 02:02
Last Modified: 24 Mar 2022 02:02
URI: http://repo.poltekkestasikmalaya.ac.id/id/eprint/139

Actions (login required)

View Item View Item